Kencing manis atau diabetes melitus adalah penyakit yang sangat umum terjadi pada masyarakat kita . Pasalnya¬† dalam kehidupan sehari-hari hampir sebagian besar makanan yang kita makan mengandung gula. Kandungan gula pada makanan tidak selalu ditandai dengan rasa “manis” . Banyak sekali jenis makanan yang tidak terasa manispun ternyata memiliki kandungan gula yang tinggi, misalkan nasi putih . Dan parahnya justru¬†nasi putih ini yang menjadi makanan pokok masyarakat Indonesia pada umumnya , sehingga walupun kita sudah mengkonsumsi banyak makanan jika belum makan nasi berarti kita belum makan . Maka sangatlah wajar jika Indonesia menempati urutan ke 7 di dunia dalam hal penderita penyakit diabetes atau kencing manis dengan jumlah lebih dari 10 juta orang. Bahkan menurut data International Diabetes Federation ( IDF ) angka ini akan terus bertambah dan diperkirakan sampai tahun 2030 akan ada penderita diabetes melitus sejumlah 21,3 juta orang .

APA ITU DIABETES MELITUS ?

Diabetes melitus atau kencing manis adalah penyakit yang disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam darah. Kondisi ini biasa disebut juga dengan hiperglikemi , hal ini terjadi karena tubuh kekurangan hormon insulin, atau insulin tidak bekerja . Hormon insulin adalah zat yang dihasilkan oleh pangkreas yang berfungsi untuk mengurai gula kompleks ( disakarida ) menjadi gula sederhana ( monosakarida ) yang selanjutnya melalui proses metabolisme berubah menjadi energi . Ketika insulin tidak ada atau tidak bekerja dengan baik , maka gula yang kita konsumsi tidak melalui proses penguraian , sehingga baik monosakarida ( gula sederhana ) maupun disakarida ( gula kompleks ) semua masuk kedalam darah, padahal yang dibutuhkan untuk proses metabolisme hanya jenis gula sederhana ( monosakarida ) hal ini menyebabkan kadar gula dalam darah menjadi tinggi . Jika kadar gula dalam darah kita terus- menerus tinggi akan menyebabkan terjadinya :

  • Dehidrasi

Salah satu tanda bahwa gula darah tinggi adalah seringnya buang air kecil. Timbunan gula dalam darah akan memicu pengeluaran urine karena tubuh berusaha mebersihkan gula. Ketika ginjal kehilangan glukosa melalui urine, sejumlah airpun akan hilang sehingga memicu dehidrasi . Dehidrasi terjadi karena frekuensi buang air kecil sangat tinggi, tapi tidak dibarengi asupan cairan yang cukup .

  • Kerusakan organ

Kadar gula yang tinggi didalam darah lama-kelamaan akan merusak syaraf dan pembuluh darah kecil terutama di mata, ginjal dan jantung . Orang yang menderita diabetes atau kencing manis yang tidak terkontrol akan mengalami komplikasi berupa penglihatan kabur, rasa kebas dikaki, gagal ginjal hingga serangan jantung dan stroke .

  • Koma diabetes

Ketika seorang penderita diabetes mengalami dehidrasi berat dan tidak segera mendapatkan cairan pengganti, ia akan mengalami komplikasi yang mengancam nyawa berupa koma diabetes, biasanya ini terjadi pada penderita yang kadar gula dalam darahnya diatas 600 mg/ld . Klik disini

FAKTOR – FAKTOR PENYEBAB DIABETES

Ada beberapa faktor penyebab penyakit kencing manis atau diabetes diantaranya :

  • Faktor genetik

Salah satu penyebab seseorang menderita kencing manis atau diabetes adalah karena faktor genetik atau keturunan. Bagi anda yang memiliki orang tua dengan riwayat diabetes memiliki resiko lebih besar ketimbang yang lain. Oleh karenanya jika anda mengetahui salah satu dari orang tua anda menderita diabetes janganlah diikuti pola makannya.

  • Faktor obesitas ( kelebihan berat badan )

Memiliki berat badan yang berlebihan ( obesitas ) beresiko sangat besar pada penyakit diabetes melitus atau kencing manis, karena biasanya orang yang memiliki berat badan yang tidak proporsional biasanya makannya juga tidak teratur.

  • Pola makan

Pola makan yang tidak teratur dan tidak sehat juga bisa jadi faktor penyebab munculnya penyakit diabetes. Aturlah sedemikian rupa agar makanan yang anda konsumsi tidak terlalu banyak lemak dan tidak terlalu mengandung banyak gula ( terlalu manis ). Biasakan jangan langsung tidur setelah makan berat .

  • Merokok

Merokok juga bisa menyebabkan diabetes , oleh karenya sebisa mungkin tinggalkanlah rokok agar hidup anda semakin sehat dan jauh dari penyakit .

MENGATASI KENCING MANIS ATAU DIABETES MELITUS

Cukup istirahat , olah raga secara teratur serta mengkonsumsi makanan yang sehat dengan menghindari makanan cepat saji dan minuman dalam kemasan yang banyak beredar dipasaran seperti Cola dan lain-lain adalah cara paling ampuh menghindari penyakit kencing manis atau diabetes melitus.

Akan tetapi jika hal itu juga tidak cukup maka carilah alternatif dengan mengkonsumsi produk-produk herbal yang memiliki kemampuan untuk mencegah dan mengobati penyakit tersebut . Kenapa saya lebih menyarankan produk herbal ? Karena produk jenis ini paling aman untuk ginjal kita, karena jika kita terlalu banyak mengkonsumsi produk yang berbasis sintetis atau kimiawi , selain memiliki efek samping yang berbahaya, produk ini juga akan memaksa ginjal bekerja lebih keras .

Salah satu kombinasi produk herbal yang bisa menjadi solusi adalah perpaduan Propolis Pure Nusantara, Mahkota Dewa Nusantara, dan Royal Jelly Capsule, ketiga produk ini sudah terbukti bisa mencegah dan mengobati penyakit diabetes melitus atau kencing manis.

Demikian uraian kami mengenai Kencing manis atau diabetes melitus smoga bermanfaat …

Wassalam…

Saksikan video testimony dari produk ini

 

Jakarta, 18 Juli 2018

Edi Amsyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *