Darah tinggi ( hipertensi ) adalah kalimat yang sudah menjadi idiom yang berarti “mudah marah”, padahal makna dari kata “darah tinggi” adalah sebuah kondisi dimana aliran darah kita pada arteri bertekanan terlalu tinggi untuk tubuh yang sehat. Seseorang bisa digolongkan menderita HIPERTENSI apabila ukuran tekanan darahnya berada diatas 140/90 mmHg .

mmHg ( milimeter Hydrargyrum ) adalah nama satuan yang digunakan untuk menyatakan tekanan . Hydrargyrum berarti air raksa , jadi dunia medis menggunakan kenaikan milimeter air raksa sebagai standar pengukuran. Pada ukuran diatas 140/90 mmHG artinya tekanan darah pada saat jantung memompa adalah sebesar 140 mmHG dan pada saat jantung istirahat diantara dua pompaan adalah 90 mmHg.

Pertanyaannya bagaimana jika kita menggunakan tensimeter digital ? Sebelum ini para medis memang menggunakan tensimeter manual yang didalamnya terdapat air raksa , oleh sebab itulah standar pengukurannya menggunakan mmHg. Seiring dengan berjalannya waktu dengan kemajuan teknologi munculah tensimeter yang menggunakan teknologi digital yang tentu saja lebih mudah penggunaannya . Tapi walaupun begitu ukuran yang digunakan tetap mmHg . Klik disini

GANGGUAN KESEHATAN YANG MUNCUL AKIBAT HIPERTENSI

1.Mudah marah

Sesuai dengan “idiom” darah tinggi = suka marah-marah maka penderita hipertensi memang mudah marah dan emosinya tidak stabil karena stres.

2. Dada terasa nyeri 

Tidak hanya penderita darah rendah yang mengalami ini penderita darah tinggi juga mengalami hal yang sama. Kondisi ini akan terasa sangat menyiksa , oleh karenanya jika muncul gejala ini segera hubungi dokter terdekat.

3.Gangguan pada ginjal.     

Salah satu dampak buruk dari hipertensi yang sudah kronis , terutama yang tidak terkontrol adalah munculnya gangguan pada organ GINJAL anda. Gangguan ginjal yang sering terjadi pada kondisi ini adalah GAGAL GINJAL, Hal ini biasanya akan ditandai dengan hal berikut ini : sulit buang air kecil dan besar , Sering buang air kecil dan besar tapi hanya sedikit, keluarnya darah pada saat buang air kecil dan besar, rasa sakit yang menyiksa pada bagian perut. Pada kasus ini biasanya langkah yang diambil hanya dua , yaitu transplantasi ginjal dimana sang pasien butuh pendonor ginjal, dan yang kedua adalah cuci darah secara berkala, kedua langkah ini sama-sama akan menelan biaya yang tidak sedikit. Oleh karenanya lebih baik mencegah daripada mengobati.

4.Gangguan mata.     

Gangguan mata pada penderita hipertensi ( darah tinggi ) disebut dengan istilah “retinopati hipertensif”. Tekanan darah tinggi jauh diatas normal akan berpengaruh pada kesehatan mata dan kualitas penglihatan. Pembuluh darah kecil atau kapiler pada bagian mata akan rusak jika tekanan darah terlampau tinggi, selain itu juga akan merusak syaraf mata dan sangat mungkin akan meningkat pada kasus kebutaan.

5.Stroke.   

Faktor resiko penyakit ini menjadi salah satu dari sekian dampak dari tekanan darah tinggi ( hipertensi ) yang terjadi. Stroke adalah gangguan fungsi otak yang terjadi secara mendadak yang disebabkan oleh penyumbatan pembuluh darah diotak , kondisi ini pun bisa menyebabkan kematian . Oleh karena itu akan lebih baik jika melakukan pencegahan. Hindari makanan yang mengandung lemak dan kolesterol seperti : gorengan , jeroan sapi, kambing atau ayam, sayuran yang mengandung santan dan lain-lain

BAGAIMANA MENCEGAHNYA ?

Untuk mencegah HIPERTENSI sebenarnya sangatlah mudah, ubahlah gaya dan pola hidup anda menjadi gaya dan pola hidup yang sehat, yaitu : rajin berolah raga secara teratur, mengkonsumsi makanan yang sehat , hindari mengkonsumsi alkohol dan rokok serta  cukup beristirahat. Selain itu stres juga bisa memicu darah tinggi, oleh karenanya janganlah terlalu terbawa perasaan terhadap suatu masalah, releks saja, hadapi dan sikapi semua persoalan hidup secara proporsional, jangan berlebihan .

BAGAIMANA JIKA SUDAH TERLANJUR ?

Jika anda sudah terlanjur mengalami ganguan kesehatan ini ,jangan terlalu shock, tetaplah tenang dan jangan khawatir terlalu khawatir. Konsumsilah produk-produk alami yang berbasis herbal, salah satu pilihannya adalah Mahkota Dewa Nusantara , minumlah secara  teratur sesuai anjuran , produk ini sudah terbukti sangat baik untuk penderita hipertensi atau darah tinggi klik disini .

Demikian uraian kami mengenai hipertensi atau darah tinggi, semoga bermanfaat.

Baca juga :

Jakarta, 10 Juli 2018

Edi Amsyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *