Hampir sebagian besar dari kita jika mendengar kata “KOLESTEROL” pasti berpikir bahwa kolesterol itu jahat. Mengapa demikian ? karena banyak penyakit yang disebabkan oleh kolesterol seperti lemah jantung, darah tinggi atau hypertensi, stroke, serangan jantung dan masih banyak lagi. Akan tetapi penyakit-penyakit diatas bukan semata-mata disebabkan oleh keberadaan kolesterol, yang menyebabkannya adalah kadar kolesterol yang melebihi batas, atau disebut juga dengan hiperkolesterolemia.

Apa itu kolesterol ?

Kolestrol adalah lemak yang terdapat di dalam aliran darah atau sel tubuh. Secara alami kolesterol bisa diproduksi oleh tubuh, selebihnya diperoleh dari sumber makanan hewani seperti daging, unggas, ikan, margarin, keju, dan susu. Adapun makanan yang berasal dari nabati, seperti buah, sayur, dan beberapa biji-bijian, tidak mengandung kolestrol.

Ada 3 jenis kolesterol :

  1. LDL ( Low Density Lipoprotein )                                                                                                                   Kolesterol LDL adalah lemak yang jahat karena bisa menimbun pada dinding pembuluh darah dan membuat dinding pembuluh darah itu menebal, terutama terjadi pada pembuluh darah kecil yang menyuplai makanan ke jantung dan otak. Timbunan lemak itu semakin lama semakin tebal dan keras, keadaan itu disebut dengan atheroscerosis, dan penebalan itu pada akhirnya menyumbat aliran darah. Kolesterol LDL akan tidak berbahayaya jika kadarnya dalam darah di bawah 100 mg/dl. Pada angka 100-129 mg/dl LDL dimasukkan kategori perbatasan (borderline). Jika sudah di atas 130 dan disertai faktor risiko lain seperti merokok, gemuk, diabetes, tidak berolah raga, apalagi jika sudah mencapai 160 atau lebih, maka segera perlu diberi obat. Klik disini
  2. HDL ( High Density Lipoprotein )                                                                                                                 Kolesterol HDL disebut lemak yang baik, karena bisa membersihkan dan mengangkut timbunan lemak dari dinding pembuluh darah yang disebabkan oleh LDL  menuju ke hati. Angka kolesterol HDL yang ideal harus lebih tinggi dari 40 mg/dl untuk laki-laki, atau di atas 50 mg/dl untuk perempuan. Rendahnya angka kolesterol HDL bisa disebabkan oleh kurangnya gerak badan, terlalu gemuk, serta kebiasaan merokok. Selain itu hormon testosteron pada laki-laki, steroid anabolik, dan progesteron bisa menurunkan kolesterol HDL, sedangkan hormon estrogen perempuan menaikkan HDL. Klik disini
  3. Trigliserida                                                                                                                                              Trigliserida adalah bentuk lain dari lemak yang bisa berasal dari makanan atau dibentuk sendiri oleh tubuh. Memiliki trigliserida yang tinggi sering diikuti juga oleh kolestrol total dan LDL yang tinggi, serta kolestrol HDL yang rendah. Penderita sakit jantung, diabetes, atau obesitas, biasanya mempunyai kadar trigliserida yang tinggi. Trigliserida dalam darah yang normal harus di bawah 150 mg/dl. Klik disini  Beberapa orang mempunyai trigliserida yang tinggi karena penyakit lain atau keturunan. Jika memang ada faktor keturunan, maka anda harus mengubah gaya hidup, mulai diet rendah lemak, olah raga teratur, menurunkan berat badan, tidak merokok, juga tidak minum alkohol. Anda juga dianjurkan mengurangi konsumsi karbohidrat (misalnya nasi, mie atau roti) sampai kurang dari 50 persen dari jumlah kalori total.                                                                                                                                                                                                                                               Berbeda dengan LDL yang menjadikan dinding pembuluh darah jadi menebal , trigliserida justru mengikuti aliran darah.

Fungsi kolesterol dalam tubuh

1. Membantu pembuatan hormon

Hormon yang ada di dalam tubuh sangat di dibutuhkan sebagai katalisator. Hormon secara mutlak di gunakan untuk membantu tubuh menjalankan fungsinya. Seperti keberadaan hormon seksual yang membantu untuk mematangkan organ dan perkembangan seksual. Adanya hormon ini pula, wanita bisa mengalami menstruasi, laki laki mengalami mimpi dewasa. Wanita bisa melahirkan dengan normal, keluar asi (air susu ibu) dan lain sebagainya. Siapakah yang membantu mengeluarkan hormon pada manusia? Kolesterol!

2. Membantu pembentukan vitamin D

Vitamin merupakan komponen penting yang ada dalam tubuh manusia. Salah satu fungsi vitamin adalah untuk membentuk tulang dan gigi serta mengukuhkannya. Tubuh bisa mendapatkan manfaat vitamin D sendiri (dibuat dalam tubuh). Salah satu caranya adalah dengan menggunakan kolesterol untuk membantu memproduksi keberadaan vitamin ini.

3. Membantu penyerapan lemak

Dalam proses penyerapan makanan yang sudah masuk ke dalam tubuh, maka perlu di bantu dan di rangsang oleh zat-zat yang lainnya. Kolesterol yang baik ini memiliki manfaat untuk membantu menghasilkan garam empedu tubuh. Salah satu fungsinya adalah untuk membantu usus dalam melakukan penyerapan lemak yang sudah masuk ke dalam tubuh dengan melalui makanan yang dikonsumsinya.

4. Membantu penyerapan kalsium

Mineral yang ada di dalam tubuh, namun berasal dari luar tidak bisa di serap langsung. Maka perlu ada zat atau bahan tubuh yang membantu dalam penyerapan manfaat kalsium  tubuh. Salah satunya dengan di bantu oleh kolesterol. Caranya adalah kolesterol memproduksi vit D yang di gunakan di dalam tubuh. Kemudian dari vitamin D itu tadi, yang membantu tubuh untuk membantu penyerapan kalsium. Barulah bisa digunakan oleh tubuh.

5. Memperlancar metabolisme tubuh

Kolesterol yang ada di dalam tubuh berguna untuk membantu memperlancar metabolisme tubuh. Bagaimana caranya? Yakni dengan kolesterol mampu memproduksi hormon korteks adrenal. Dari hormon ini ternyata memiliki peranan yang penting untuk membantu metabolisme tubuh. Dengan metabolisme yang lancar, maka tubuh anda bisa memproduksi zat zat yang di gunakan tubuh dengan baik. Biasanya berimbas pada kekebalan tubuh yang baik, penyerapan zat yang maksimal, dan lain sebagainya.

6. Membantu menjaga keseimbangan garam

Garam yang ada di dalam tubuh berguna sebagai zat penetral antara kondisi asam dan basa. Biasanya kondisi asam terletak pada lambung, yakni dengan di tandai dengan ph tubuh 4. Sedangkan keadaan basa berada pada usus tubuh manusia yang memiliki ph 8. Kemudian garam? Garam adalah kondisi netral pada asam dan basa. Jika tubuh yang harusnya dalam keadaan basa, namun memiliki derajat keasaman atau ph yang tinggi, maka perlu menggunakan garam untuk menetralkannya.

7. Menguatkan membran sel

Membran sel yang ada di dalam tubuh manusia cenderung memiliki kualitas yang buruk. Untuk bisa membuat membran sel kita menjadi lebih kuat, maka perlu meningkatkan konsumsi atau zat zat lain yang berguna untuk menguatkan membran sel tersebut. Salah satu fungsi kolesterol baik adalah mampu menguatkan membran sel yang ada di dalam tubuh. Sel yang kuat cenderung memiliki dinding yang kaku. Mereka juga lebih tahan jika terkena, atau berpapasan dengan benda asing.

8. Membantu membangun kekebalan tubuh

Meskipun hanya berperan sedikit, siapa sangka kolestrol juga mampu berguna untuk membangun kekebalan tubuh. Kekebalan tubuh ini juga berdasarkan dengan kualitas hormon, pembentukan vitamin, serta penguatan membran sel yang  menopang kesehatan tubuh manusia.

9. Membantu pembentukan sel otak

Siapa sangka bahwa tingkat kecerdasan seseorang juga di dasari oleh kandungan kolesterol yang ada di dalam tubuh? Meskipun hanya berperan sedikit, kolesterol baik atau HDL sangat menentukan terjadinya keaktifan reseptor khusus di sel otak. Adanya aktivitas oksidasi kolesterol yang dinamakan dengan oxysterol inilah yang membantu untuk pembentukan sel pada otak anak.

10. Membantu proses biokimia dalam tubuh

Salah satu bentuk proses biokimia yang ada di dalam tubuh adalah proses pembentukan sintesis hormon steroid. Di sebut pula kolesterol yang menjadi bahan dasar pembentukan hormon-hormon ini. Contoh hormon yang masuk ke dalam hormon steroid adalah pembentukan vitamin D yang utama dan hormon reproduksi

11. Membantu pencernaan dalam usus kecil

Keberadaan kolesterol juga sangat digunakan dalam sintesis atau pembentukan senyawa asam empedu. Zat ini di gunakan sebagai emulsifier lemak yang ada dalam makanan, serta emulfisier vitamin yang sudah larut ke dalam lemak. Fungsinya untuk apa? Ke dua hal ini berguna untuk membantu penyerapan makanan yang mengandung lemak dan vitamin yang sudah masuk ke dalam usus agar diserap lebih sempurna.

12. Menjaga kebersihan pembuluh darah arteri

Adanya kolesterol baik atau biasa di sebut dengan HDL juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Misalnya dengan menjaga keadaan dan kebersihan pembuluh darah arteri. Jika pembuluh darah arteri masih dalam keadaan bersih, maka akan terhindar dari resiko kemungkinan penyakit jantung koroner dan stroke yang merupakan salah satu penyakit degenerative. Kedua penyakit tersebut merupakan penyakit yang di anggap berbahaya, menyerang siapa saja, dan kapan saja.

13. Membantu mengurangi gejala aterosklerosis

Penyakit yang di sebabkan karena adanya penyumbatan ini meruapakan penyakit yang sangat berbahaya. Namun siapa sangka, ternyata penyakit ini bisa di cegah dengan cara meningkatkan konsumsi HDL atau koleatrol baik ke dalam tubuh kita. sebab menurut penelitian terakhir yang sudah di lakukan, bahwa koelstrol baik atau HDL memiliki sifat antioksidan yang mampu menjaga kita dari penyakit aterosklerosis.

14. Mengurangi pembentukan bekuan darah

Efek yang di timbulkan dari  antioksidan tubuh selain bisa menjaga dari gejala aterosklerosis adalah juga bisa membantu mengurangi bekuan darah. Keadaan ini di nilai baik untuk tubuh, sebab bisa mengurangi gejala serangan jantung yang akhir akhir ini menjadi dilema pembunuhan tersebesar di dunia. Penelitian terakhir ini menunjukan antioksidan yang berasal dari kolestrol baik memang sangat di perlukan oleh tubuh

15. Melindungi kulit dari sinar UV

Ternyata manfaat dari kolesterol sendiri mampu berguna untuk melindungi kulit dari sinar matahari. Paparan dari sinar UV A dan UV B secara terus-menerus bisa menyebabkan seseorang terkena radiasi. Salah satu efek dari radiasi tersebut adalah terkena penyakit kanker kulit. Klik disini

Begitu banyak manfaat kolesterol untuk tubuh kita, masihkah kita menganggap kolesterol sebagai musuh ?

Pun begitu kita harus tetap menjaga keseimbangan kolesterol jangan sampai kolesterol menjadi musuh, caranya adalah dengan mengkonsumsi Royal Omega 3 tiap hari .

Baca juga :

 

 

Tanggerang, 18 Oktober 2017

Edi Amsyah

 

2 thoughts on “Kolesterol Musuh Atau Sahabat ?”

  1. luar biasa kita jd menambah ilmu lg ,dan kita jd mengetahu dan memahami tentang kloktrol ,Amiin mdh”an kita bisa berbagi dg yg lain .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *