Osteoporosis adalah keadaan dimana kapadatan tulang mulai berkurang, makanya disebut juga dengan “Pengeroposan tulang” . Keadaan ini bisa mengakibatkan tulang akan menjadi lebih rapuh dan mudah patah apabila terjadi benturan , dan dalam jangka panjang pada tulang yang berfungsi sebagai penyangga tubuh semakin lama akan terjadi pembengkokan dan si pemilik tubuh akan terlihat bungkuk.

Dari data yang kami temukan , ternyata penderita osteoporosis tertinggi didunia justru berada dinegara – negara penghasil susu dengan tingkat konsumsi susu yang juga tinggi seperti Amerika , New Zaeland , Canada , Inggris dan Australia Klik disini . Fakta ini tentu saja membuktikan bahwa mengkonsumsi susu secara terus menerus belum tentu bisa membuat tulang kita terhindar dari osteoporosis.

Bukankah di dalam susu terkandung Kalsium yang bisa menghindarkan kita dari Osteoporosis ?

Menurut iklan susu yang setiap menit muncul di tv memang begitu, tapi pada kenyataannya berbeda .                      Sejak zaman dahulu susu seringkali dikaitkan dengan kalsium dan kesehatan tulang. Susu dianggap sebagai sumber kalsium yang paling besar dan membantu menguatkan tulang serta mencegah osteoporosis. Namun benarkah susu merupakan sumber terbaik dari kalsium dan bisa mencegah osteoporosis? Jangan yakin dulu.

Dr Nandita Shah dari SHARAN India menjelaskan bagaimana manfaat susu yang berkaitan dengan kalsium dan tulang seringkali dibesar-besarkan. Menurutnya, banyak orang yang rajin mengonsumsi susu namun masih mengalami osteoporosis. Jika susu memang sumber kalsium terbaik dan bisa mencegah osteoporosis, mengapa orang yang mengonsumsinya selama satu tahun lebih masih mengalami osteoporosis?

Orang yang mengalami osteoporosis biasanya disarankan untuk mengonsumsi lebih banyak produk susu, tablet kalsium, vitamin D, dan berolahraga. Namun kebanyakan dari mereka tak membaik. Mengapa, karena kebanyakan orang tak mengetahui bahwa osteoporosis tidak disebabkan oleh kurangnya konsumsi kalsium, melainkan hilangnya kalsium dari dalam tubuh.

Bagaimana itu terjadi ?

Tulang-tulang di tubuh kita akan terbangun secara sempurna pada saat usia kita 20-25 tahun dan 95% kalsium tersimpan pada tulang dan gigi , ibaratnya tulang dan gigi itu adalah BANK kalsium di dalam tubuh kita. Sementara itu kalsium juga dibutuhkan untuk hal-hal lain seperti :

1. Membantu Pembekuan Darah – Kalsium membantu membekukan darah di tubuh anda saat salah satu bagian anggota tubuh anda sedang terluka .

2. Membakar Lemak – Studi membutikan kalsium dalam tubuh mempunyai peranan penting dalam pengaturan berat badan karena kalsium sendiri sifatnya dapat menekan nafsu makan.

3. Membantu Menjaga Tekanan Darah – Kalsium di tubuh dapat mengontrol tekanan darah dan membantu pergerakan otot dan kerja syaraf sehingga jantung dan pembuluh darah bekerja dengan baik.

4. Melindungi Otot Jantung – Kalsium berfungsi membantu otot jantung untuk melakukan pergerakan dan relaksasi secara benar.

5. Membantu Perjalanan Nutrisi – Kalsium adalah salah satu nutrisi penting dalam setiap pola hidup sehat. Sehingga bisa disimpulkan apabila asupan kalsium tidak tercukupi akan mengakibatkan anda menderit banyak penyakit.

6. Melindungi dari Berbagai Penyakit – Ion kalsium dalam tubuh akan bereaksi pertama kali ketika ada virus penyakit yang masuk dalam tubuh dan  memerintahkan sistem kekebalan tubuh untuk menghancurkannya. Oleh karena itu, seseorang yang kekurangan kalsium bisa dipastikan sistem kekebalan tubuhnya kacau.

7. Mengurangi Sindrom Menstruasi – Wanita cenderung akan merasakan sakit saat menjelang menstruasi. Dianjurkan untuk mencukupi asupan kalsium untuk tubuh karena studi sudah membuktikan kalsium  mampu mengurangi sindrom menstruasi sebanyak 48%.

8. Melancarkan Fungsi Otak – Otak akan bekerja secara optimal apabila diberi asupan kalsium karena apabila kekurangan kalsium dapat mengakibatkan gangguang fungsi otak dan sistem syaraf.

9. Mengurangi Kram Selama Hamil – Kalsium yang cukup dalam tubuh ibu hamil akan mengurangi kram karena tercukupinya potasium dan fosfor dalam tubuh.

10. Memproduksi Enzim – Kalsium dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi enzim yang nantinya akan mengubah makanan menjadi energi.

11. Membantu Proses Pembuahan – Sperma menuju sel telur menggunakan energi yang dimiliki oleh kalsium. Penelitian membuktikan saat sperma mendekati sel telur pucuk sperma yang mengandung kalsium inilah yang mebuat sperma mampu menembus membran sel telur. Sehingga bisa disimpulkan apabila tubuh kekurangan kalsium proses resproduksinya akan terganggu.

Nah karena begitu banyaknya fungsi kalsium dalam tubuh kita, maka jika asupan kalsium yang kita peroleh dari makanan kurang, secara otomatis tubuh kita akan mengambilnya dari tulang dan gigi. Misalkan kebutuhan kalsium kita perhari 1300 mg , sedangkan kandungan kalsium dari makanan yang kita konsumsi hanya 800 mg berarti sisa kebutuhan kalsium -500 mg , dan itu akan di ambil dari tulang atau gigi. Anda bisa bayangkan jika ini terjadi setiap hari …

Tubuh kita bersifat alkaline. Setiap kali kita mengonsumsi sesuatu yang bersifat asam, hal tersebut akan menyerap kalsium dari tulang dan menetralisirnya. Dengan begitu kita telah kehilangan kalsium. Susu dan makanan yang mengandung protein tinggi bersifat asam pada tubuh, sehingga bisa menyerap kalsium dari tulang. Inilah yang tak banyak diketahui oleh orang tentang osteoporosis.

Oleh karenanya jangan terlalu percaya dengan propaganda susu melalui iklan di tv yang terus membombardir pikiran dan membentuk opini kita tentang pentingnya susu. Ingat susu tak sepenting yang kita bayangkan .
Susu hanya dibutuhkan manusia ketika masih bayi sampaai berusia sekitar 2 thn… itupun harus susu manusia yaitu ASI ( Air Susu Ibu ) bukan susu sapi. Susu sapi hanya untuk anak sapi bukan untuk anak manusia. Dan hanya manusialah yang setelah dewasa masih mengkonsumsi susu .
Jadi untuk bisa menghindari osteoporosis anda bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi.
Daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi
  • Biji – bijian. Biji – bajian adalah sumber tenaga nutrisi.
  • Keju. Keju adalah sumber makanan berkalsium tinggi.
  • Yogurt. Yogurt adalah sumber kalsium yang sangat baik.
  • Sarden dan Salmon kaleng.
  • Kacang dan Lentil (kacang lunak)
  • Almond.
  • Beberapa sayuran hijau lainnya.

Dan apabila anda masih ragu mengenai cukup atau tidaknya kebutuhan kalsium anda Klik disini

Baca juga FuCalcium menyembuhkan osteoartrhitis

 

Tanggerang, 13 Oktober 2017

Edi Amsyah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *