Surat Adh-Dhuha Ayat 4

 

 

dan sesungguhnya akhir itu lebih baik  dari permulaan.” (QS Ad-Dhuha [93] : 4) Klik disini

Assalamualaikum warrohmatullohi wabarokatuh…

Saudaraku sekalian… ayat diatas adalah ayat yang seharusnya menjadi pedoman bagi kita sebagai seorang muslim. Salah satu ayat di dalam Al Qur’an yang jika kita terus amalkan akan menjadikan diri kita menjadi manusia unggul , karena ayat ini akan mendorong kita untuk melakukan yang terbaik sesuai bakat dan talenta yang Allah sudah berikan kepada kita.

Mengapa ini kita bahas ?                                                                                                                                                  Ya tentu saja karena kita baru saja meninggalkan tahun 1438 H , dan malam ini kita sudah memasuki hari ke 4 pada bulan Muharam 1439 H, ini adalah awal tahun !!! , Jika 1438 H adalah awal maka 1439 H adalah akhir, atau jika dihitung satu tahun 1 Muharram 1438 H adalah awal berarti 30 Zulhijah 1438 adalah akhir, pertanyaannya apakah akhir tahun 1438 H lebih baik di banding 1 Muharram 1438 H ? , Jika ya , apa yang lebih baik ? , ukurannya apa sehingga anda mengatan “lebih baik” .

Stephen Covey menginspirasi kita dengan istilah “Begin with the End in Mind”. Intinya apapun yang kita lakukan dimulai dengan tahu tujuan akhirnya. Tanpa tahu tujuan akhirnya maka kita tak pernah tahu apakah yang kita lakukan berhasil atau tidak. Agar bisa mengukurnya, maka ukuran dari hasil akhir itu juga harus jelas. Dalam pendekatan NLP dikenal well-formed outcome. Dari segala sisi terlihat suatu keinginan untuk menghasilkan dan meraih yang lebih baik. Akhir yang lebih baik daripada awalnya. Ini menunjukkan bahwa selalu ada dorongan manusiawi yang kemudian dengan akal budi distrukturisasi dengan berbagai metode dan pendekatan yang lebih sistematis untuk mencapai sebuah akhir yang lebih baik daripada awalnya.
Nenek moyang kita berperibahasa: Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian. Ini mengisyaratkan bahwa akhir harus lebih baik daripada awal. Kalau awalnya sakit maka akhirnya harus senang. Kalau awalnya senang maka akhirnya harus lebih senang.

Intinya adalah kita harus memiliki “Tujuan” lalu kemudian kita membuat program/rencana ( Planning )  bagaimana caranya agar tujuan tersebut dapat kita capai, langkah-langkah apa saja yang perlu kita lakukan agar tujuan tersebut dapat kita capai , Allah berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا اتَّقُوا اللَّهَ وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍۖوَاتَّقُوا اللَّهَۚإِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ

“Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.” (Surat Al-Hasyr, 59: 18) Klik disini

Lalu kemudian setelah kita menetapkan Tujuan ( Target ) di awal tahun dan setelah itu kita mengeksekusinya selama 12 bulan sesuai dengan program / rencana ( Planning ), tinggal kita lihat apakah di akhir tahun tujuan (target) tersebut tercapai atau tidak ? Jika tercapai berarti kita sudah berhasil dan itu artinya Surat Ad-Dhuha ayat 4 sudah anda buktikan . Dan anda tergolong orang yang “Beruntung”… ( Jika hari ini lebih baik daripada kemarin sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang beruntung )

Langkah berikutnya yang harus kita lakukan adalah “Evaluasi” ,Berkata ‘Umar bin Al Khoththôb rodhiyallôhu ‘anhu:

 حَاسِبُوا أنْفُسَكُم قَبْلَ أَنْ تُحَاسَبُا وَزِنُوْهَا قَبْلَ أَنْ تُوْزَنُوْا وَ تَزَيَّنُوا لِلعَرْضِ الأَكْبَر

“Hisablah diri kalian sebelum kalian dihisab. Timbanglah diri kalian sebelum kalian ditimbang. Dan berhiaslah (beramal shalihlah) untuk persiapan hari ditampakkannya amalan hamba.”

Evaluasi adalah langkah yang harus selalu kita lakukan walaupun tujuan kita sudah tercapai sesuai dengan target, apalagi jika belum tercapai . Ini wajib kita lakukan agar terjadi pembelajaran.

So…. Apa Target anda Tahun 1439 H ???

Baca juga

Rumah Sehat AR69 di usia ke 8 Tahun

Tanggerang, 22 September 2017

2 thoughts on “Akhir Harus Lebih Baik Daripada Awal”

  1. Betul sekali pa Edi ,terkadang kita lupa ,terlalu menikmati ,sehingga kita lupa untuk Evalusi ,dan menargatkan ,tujuan ,impian yg kita inginkan dari awal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *